Ide Denah Rumah 3 Kamar Tidur 1 Mushola yang Elegan buat Rumah Kamu

Denah rumah 3 kamar tidur 1 mushola bisa menjadi pilihan terbaik ketika Anda ingin membangun atau merenovasi rumah. Denah rumah tersebut bisa diterapkan pada berbagai desain rumah, termasuk desain rumah minimalis yang saat ini menjadi salah satu desain rumah yang banyak diminati. Jika pemilik rumah beragama muslim, memiliki mushola di rumah tentunya menjadi suatu hal yang wajib.

Dengan perencanaan pembangunan dan pengerjaan yang tepat, rumah 3 kamar tidur 1 mushola akan memiliki bentuk yang simpel dan elegan. Berikut beberapa ulasan yang bisa Anda pertimbangkan untuk membangun rumah dengan menggunakan desain tersebut :

Mushola mudah dijangkau dari berbagai ruangan

denah rumah 3 kamar tidur 1 mushola

Mushola memang tempat khusus yang digunakan untuk ibadah, tentunya penempatannya bisa diatur agar mudah dijangkau dari berbagai ruangan. Dengan mengaplikasikan denah rumah 3 kamar tidur 1 mushola, pengaturan ruangnya bisa jadi berbeda dengan rumah pada umumnya. Misalnya 2 kamar tidur bisa ditempatkan pada bagian depan yang tidak jauh dari area masuk atau foyer.

2 kamar tidur tersebut bisa difungsikan sebagai kamar tidur untuk anak-anak dengan ukuran 5 x 4, yang bisa diisi dengan kasur berukuran double dan single bed. Kemudian untuk kamar orang tua sebagai master bedroom bisa ditempatkan bersebelahan dengan salah satu kamar tersebut. Ukuran kamar tidur untuk orang tua dapat dibuat bervariasi sesuai kebutuhan. Dengan menggunakan denah tersebut, master bedroom bisa dibuat dengan ukuran 7 x 9 m.

Dengan pengaturan kamar tidur tersebut, memungkinkan ada ruangan kosong yang cukup luas dengan posisi tidak jauh dari area masuk foyer. Ruang kosong tersebut bisa dimanfaatkan untuk dijadikan mushola. Letak mushola tersebut memudahkan semua anggota keluarga untuk menjangkau dari berbagai ruangan.

Selain itu, mushola tersebut bisa dibuat berdampingan dengan kamar mandi sehingga memudahkan untuk mengambil wudhu

Mushola berada di ruang keluarga

Menggunakan denah rumah 3 kamar timur 1 mushola pada rumah dengan desain minimalis yang memiliki luas bangunan tidak terlalu besar, bisa menempatkan mushola jadi satu dengan ruang keluarga. Tentunya hal tersebut perlu beberapa pertimbangan, terutama pada kenyamanan aktifitas ibadah di dalam mushola. Salah satunya adalah penggunaan pembatas antara mushola dengan ruang keluarga atau ruangan lain.

Pembatas antara mushola dengan ruang keluarga atau ruangan lain bisa menggunakan sekat berupa tirai kain, atau pembatas lain dari kayu atau rotan yang fleksibel dan bisa digeser atau dilipat ketika mushola tidak digunakan.

mushola jadi satu dengan ruang keluarga

Mushola yang berada pada Ruang Transisi

Denah rumah 3 kamar tidur 1 mushola, bisa dibuat dengan menempatkan mushola pada ruang transisi antara dua ruang. Misalnya pada transisi ruang depan dan belakang, ruangan depan yang berisi ruang tamu, kamar tidur dan ruang keluarga. Sementara ruang belakang yang ditempati sebagai ruang makan keluarga, dapur, serta halaman belakang.

Atau pada transisi lantai rumah, dimana mushola diposisikan di samping tangga naik ke lantai 2. Mushola yang dibuat berdekatan dengan kamar mandi, akan memudahkan Anda dan keluarga untuk beraktivitas di dalam rumah. Terlebih lagi, mushola sebagai ruang transisi sangat memudahkan serta nyaman dipakai saat menjalankan ibadah.

posisi mushola pada rumah yang menggunakan denah rumah 3 kamar tidur 1 mushola

mushola pada transisi lantai satu ke lantai dua

Rumah 3 Kamar Tidur 1 Mushola dengan Letak Mushola di Lantai Atas

Rumah dengan 3 kamar tidur sebenarnya ditujukan untuk keluarga kecil dengan 2 anak. Keinginan untuk memiliki mushola di rumah kadang-kadang terkendala luas bangunan. Apalagi jika rumah yang ditempati saat ini, awalnya didapatkan dengan membeli rumah di komplek perumahan dengan luas bangunan terbatas dan desain rumahnya tidak menyertakan mushola didalamnya.

Oleh karena itu, renovasi rumah perlu dilakukan, agar bisa memiliki mushola di rumah tersebut. Jika luas tanah menjadi kendala, maka cara yang paling mudah adalah dengan merenovasi rumah yang tadinya 1 lantai menjadi 2 lantai dan mushola bisa ditempatkan di lantai 2.

contoh denah rumah 3 kamar tidur 1 mushola dengan 2 lantai

Dengan menempatkan mushola di lantai 2, privasi serta kenyamanan ibadah di mushola terjaga dengan baik. Mushola bisa didesain lebih fleksibel menggunakan ornamen-ormanen misalnya menggunakan variasi batu alam pada dinding, lantai dan juga tempat wudhu, bisa juga dengan menggunakan variasi warna cat yang diselaraskan warnanya dengan warna karpet atau lantai mushola.

Selain itu lantai mushola juga bisa menggunakan marmer, keramik, atau lantai kayu. Berikut beberapa contoh desain mushola rumah minimalis yang menggunakan batu alam serta bahan bangunan lain yang bisa dijadikan tambahan ide pembuatan mushola di dalam rumah.

Keberadaan lantai 2 yang baru dibangun, menjadikan lantai 1 tidak banyak mengalami perubahan, bahkan bisa jadi lebih lega dan lebih nyaman, karena barang-barang yang kurang terpakai bisa ditaruh di lantai 2. Tentu saja di lantai 2 tidak hanya dikhususkan untuk mushola saja, tapi juga bisa dibuat ruangan lain dengan fungsi berbeda-beda dengan tujuan untuk menambah kenyamanan rumah.

Variasi Lain pada Rumah dengan Denah Rumah 3 Kamar Tidur Satu Mushola

Denah rumah 3 kamar tidur satu mushola dapat Anda variasikan dengan berbagai model, yakni sebagai berikut:

Menambahkan Teras Rumah Memanjang

Untuk memberikan kesan lebar dan luas, bisa dilakukan dengan membuat teras memanjang yang ditempatkan di samping ruang keluarga dan kamar tidur. Teras memanjang akan menambah kesan lega pada ruang keluarga. Pencahayaan serta sirkulasi udara di dalam rumah juga menjadi lebih baik, karena ruangan langsung berhubungan dengan tempat terbuka.

Selain itu, keberadaan teras memanjang juga bisa dimanfaatkan sebagai ruang tamu outdoor, karena ada beberapa tamu atau teman yang berkunjung, lebih memilih untuk ngobrol di luar.

contoh desain rumah dengan teras memanjang di bagian depan rumah

Desain Rumah Berbentuk Huruf L dengan 3 Kamar Tidur

Desain rumah berbentuk huruf L bisa dibangun 1 lantai atau 2 lantai dengan mengaplikasikan denah rumah 3 kamar tidur 1 mushola. Keuntungan memiliki rumah berbentuk L adalah lebih fleksibel dalam mengatur tata letak ruangan, bisa memiliki ruangan yang lebih lebar dan luas, memiliki ventilasi yang cukup sehingga sirkulasi udaranya sangat baik.

Penempatan mushola bisa lebih fleksibel, apakah mau diletakkan bersebelahan dengan kamar tidur, atau kamar mandi. Pada contoh gambar di bawah terdapat 4 kamar tidur, yang jika menggunakan denah rumah 3 kamar tidur 1 mushola, maka salah satu kamar tidur tersebut bisa dirubah jadi mushola.

Rumah berbantuk huruf L dinilai menguntungkan menurut kepercayaan Cina, karena tidak terlihat rumit, serta memiliki sirkulasi udara baik, pencahayaan yang bagus serta ruangan yang lapang. Bagian luar rumah bisa dibuat taman, teras, dan halaman depan untuk menambah kenyamanan serta meningkatkan nilai estetika rumah.

contoh-denah-rumah-3-kamar-tidur-dengan-bentuk-huruf-L

Demikian ulasan mengenai denah rumah 3 kamar tidur 1 mushola yang bisa dijadikan ide untuk rumah Anda.

Ingin Desain Rumah Anda menggunakan Denah rumah 3 Kamar Tidur 1 Mushola ??

Bagi Anda yang ingin menggunakan denah rumah 3 Kamar Tidur 1 Mushola, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan diantaranya :

Apakah akan membangun rumah baru ???

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan secara teliti jika ingin membangun rumah baru dengan menerapkan denah rumah 3 kamar tidur 1 mushola. Utamanya pada anggaran biaya yang perlu disiapkan berkaintan dengan desain rumah yang dibangun. Tentu saja anggaran biaya perlu mempertimbangkan, bahan bangunan, tukang bangunan yang akan dipakai serta kapan pengerjaan akan dilakukan perlu dipersiapkan secara matang.

Perlu dibuat rencana anggaran biaya pembangunan rumah yang komplit, agar nantinya proses bangun rumah bisa selesai seperti yang diharapkan. Karena sering dijumpai, keinginan membangun rumah tidak diimbangi dengan anggaran biaya yang disiapkan, sehingga proses bangun rumah berhenti di tengah jalan karena kehabisan dana.

Jika hanya akan merenovasi rumah, maka seberapa besar volume renovasi rumah akan dilakukan???

Pertimbangan pertama ketikan akan melakukan renovasi rumah tentunya berkaitan dengan seberapa besar volume renovasi rumah akan dilakukan. Menerapkan denah rumah 3 kamar tidur 1 mushola pada rumah yang sudah dihuni tentunya tidak membutuhkan volume pekerjaan yang besar.

Renovasi rumah bisa dilakukan dengan menambah ruang yang akan difungsikan menjadi mushola, jika masih ada area tanah yang bisa dimanfaatkan. jika tidak tersisa lagi area tanah maka bisa membuat rumah menjadi 2 lantai.

Yang paling simpel tentunya merubah fungsi ruangan yang sudah ada untuk digunakan menjadi mushola.

Namun seberapa besar volume renovasi rumah dilakukan, Rencana Anggaran Biaya (RAB) renovasi rumah tetap harus dibuat sedetail mungkin. Agar penggunaan biaya terkontrol dan tujuan dari renovasi tercapai.

Anda bisa menggunakan jasa bangun rumah dan jasa renovasi rumah profesional seperti ProyekBangunan.com. Sebelum menerapkan denah rumah 3 kamar tidur 1 lantai pada rumah Anda, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu, karena ProyekBangunan.com memberikan layanan gratis konsultasi. Selain itu, nanti akan dibuatkan secara detail Rencana Anggaran Biaya, sehingga bisa dipastikan Anda akan bisa menerapkan denah tersebut sesuai keinginan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *